Home > IT, Networking > PENGENALAN LAN (TOPOLOGI JARINGAN)

PENGENALAN LAN (TOPOLOGI JARINGAN)

Lokal Area Network (LAN) merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan berbagai peralatan komunikasi pada lingkup area terbatas.  Pada jaringan LAN data di broadcast dengan kecepatan data yang tinggi dan error yang sangat kecil. Lingkup area yang biasa digunakan untuk membangun sebuah LAN adalah satu ruangan dalam sebuah gedung, beberapa ruangan dalam sebuah gedung, atau beberapa lantai dalam satu gedung.
LAN mulai digunakan sekitar tahun 1970 dan sekarang telah berkembang dengan sangat pesat serta banyak digunakan, baik untuk mendukung bisnis maupun lingkungan akademis. Pesatnya perkembangan LAN merupakan pengaruh dari kemampuan dan kemudahan yang akan didapat oleh pengguna. Beberapa kemampuan dan kemudahan yang didapat dari pengguna LAN misalnya kemampuan berbagi data, berbagi printer dan berbagi koneksi internet serta layanan lainnya.
Sebuah jaringan LAN biasanya akan terdiri dari beberapa peralatan yaitu:
1.Komputer Server
2.Komputer Workstation
3.Network Interface Card (NIC)
4.Media Transmisi (Kabel)
5.HUB
6.Printer dan peripheral komputer lainnya
Pada jaringan LAN peralatan diatas dikenal dengan istilah node (titik). Dengan menggunakan NIC, Kabel dan HUB maka node-node ini akan dapat saling berkomunikasi. Penempatan node-node dalam ruangan dan bagaimana node-node ini berkomunikasi ditentukan dengan topologi.
Pada kesempatan ini saya kan menjelaskan tentang Topologi Jaringan, topologi bisa diartikan sebagai konfigurasi atau desain tampilan maupun media akses yang digunakan untuk membangun LAN. Secara umum topologi yang digunakan pada LAN adalah : Bus/Tree,Star,Ring,dan Mesh.
Pemilihan topologi yang kan digunakan di sebuah LAN biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:
1.Bentuk fisik ruangan yang akan digunakan
2.Metode akses yang lebih disukai
3.Kecepatan transfer yang diinginkan
4.Loyalitas terhadap merek produk tertentu.
Berikut adalah berbagai Topologi jaringan tersebut:
TOPOLOGI BUS/TREE
Topologi Bus ini menggunakan kabel coaxial sebagai media komunikasi, dan node atau workstation langsung di-tap ke dalam kabel coaxial seperti gambar berikut.
Supaya node bisa melakukan koneksi ke kabel, diperlukan sebuah alat yang dinamakan “TAP”. TAP adalah sebuah alat yang pasif karena tidak mempengaruhi sinyal yang ada dan tidak memerlukan aliran listrik untuk dapat bekerja.
Keuntungan Topologi Bus

  • Jaringan bus mudah diimplentasikan dan dipahami, hasilnya merupakan jaringan sederhana yang murah.
  • Mempermudah perluasan jaringan melalui penambahan kabel dan pemanfaatan sebuah repeater yang akan menguatkan sinyal sehingga dapat menjangkau jarak yang lebih jauh.

Kerugian Topologi Bus

  • Jaringan akan menjadi lambat jika lalulintas jaringan padat, terutama pada jaringan yang memiliki banyak komputer, ini terjadi karena jaringan tidak mengkoordinasi komunikasi antara satu node dengan node lain sehingga waktu transmisi menjadi lama.
  • Pengelola jaringan juga akan kesulitan melakukan pelacakan jika ditemui masalah yang disebabkan kabel rusak atau konektor lepas yang kan menyebabkab pemantulan sinyal dan membuat tidak berjalannya jaringan secara keseluruhan.

TOPOLOGI STAR
Topologi yang paling populer dan banyak digunakan adalah topologi Star (bintang). Topologi ini menghubungkan node-node melalui media kabel yang terpisah kesuatu node pusat, biasanya berupa HUB atau Switch.Pada saat suatu komputer atau peralatan jaringan lainnya mentransmisikan sinyal ke dalam jaringan, sinyal akan menuju HUB. Kemudian HUB akan melanjutkan sinyal secara simultan ke semua node yang terkoneksi ke HUB tersebut.
Media komunikasi yang banyak digunakan pada topologi Star adalah kabel twisted pair (UTP dan STP), walaupun sebenarnya bisa menggunakan kabel coaxial dan kabel fiber optik khususnya untuk koneksi satu HUB dengan HUB yang lainnya.
Keuntungan Topologi Star

  • Kerusakan atau kegagalan koneksi pada salah satu komputer tidak akan membuat down jaringan secara keseluruhan.
  • Penambahan dan pengurangan node sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lainnya.
  • Peralatan jaringan terpusat dapat mengurangi biaya selama penggunaan dan pengelolaan jaringan menjadi lebih mudah

Kerugian Topologi Star

  • Kerusakan pada HUB pusat akan menyebabkan kegagalan koneksi atau masalah pada jaringan di mana HUB tersebut berada secara keseluruhan.
  • Pembangunan topologi ini sedikit lebih mahal daripada topologi bus, dilihat dari kuantitas kabel yang digunakan

TOPOLOGI RING
Topologi Ring menghubungkan komputer-komputer sepanjang satu lintasan tunggal yang kedua ujungnya digabung sehingga membentuk sebuah liangkaran (cincin).  Setiap informasi yang diperoleh diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewatinya. Jika bukan untuknya, informasi itu akan dilewatkan sampai menemukan alamat yang benar.
Setiap terminal dalam jaringan Lan saling tergantung sehingga jika terjadi kerusakan pada satu node maka keseluruhan jaringan akan terganggu, dan jika terjadi penambahan atau pemindahan node akan mengganggu jaringan yang sedang berjalan. Topologi Ring umumnya digunakan di dalam jaringan token ring dan Fiber Distributed Data Interface (FDDI) yang banyak digunakan di kampus-kampus atau gabungan gedung-gedung untuk menciptakan sebuah jaringan backbone berkecepatan tinggi.
TOPOLOGI MESH
Di dalam topologi Mesh (saling terhubung) setiap komputer di dalam jaringan memiliki lintasan data berlebihan. Topologi Mesh memberikan fault tolerance jika kabel, HUB, Swith atau komponen jaringan lain rusak atau bermasalah dan data dikirim memanfaatkan lintasan alternatif. Diagram jaringan Mesh terlihat seperti jaring ikan. Topologi Mesh Banyak digunakan di dalam jaringan Backbone besar dimana masalah pada suatu switch atau router mengakibatkan sebagian besar jaringan down.

Semoga bisa membantu…
dari berbagai sumber..

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: