CARA MENGAMANKAN WINDOWS XP ANDA

Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Net Applications menunjukkan bahwa Windows XP masih merupakan sistem operasi yang terbanyak digunakan di dunia dengan prosentase di bulan November 2008 mencapai 66.31%.
Berdasarkan hasil survey tersebut menunjukkan bahwa Windows XP masih menjadi sistem operasi terfavorit di dunia. Dengan banyaknya pengguna Windows XP di dunia maka akan menjadi incaran para penjahat internet untuk memanfaatkan celah keamanan yang ada di Windows XP. Bagaimana caranya mengamankan Windows XP anda?

Dibawah ini 10 tips keamanan untuk pengguna Windows XP:

1. Matikan fitur-fitur yang membahayakan
Sistem Microsoft Windows hadir dengan sejumlah fitur yang aktif secara default yang sebenarnya hanya berpengaruh sedikit (atau tidak sama sekali) dan bahkan sejumlah fitur itu bisa membahayakan. Diantara fitur-fitur tersebut diantaranya fitur Autorun,akun Guest dan bahkan Automatic Updates — karena dengan membiarkan seseorang di markas Microsoft memutuskan kapan perubahan berlaku pada sistem kita tanpa dia mengetahui software apa saja yang ada didalam sistem kita maka itu adalah ide yang buruk. Microsoft Windows menyediakan banyak fitur yang aktif secara default namun secara perspektif keamanan justru dapat beresiko. Tiap fitur yang ada tersebut memiliki resiko tersendiri dan apabila memang kita tidak membutuhkan maka dinon-aktifkan saja.

2. Matikan service yang tidak perlu
Sama seperti halnya dengan tips nomer 1 maka kita pun dapat menon-aktifkan service yang kadang tidak kita butuhkan seperti halnya: IIS, Remote Registry, Simple File Sharing, SSDP Discovery Service dll.

3. Terapkan praktek aktivitas ber-email yang baik
Ancaman virus banyak datang dari luar seperti mendownload attachment e-mail yang ternyata berisi virus atau mengklik link yang ternyata mengarah kepada situs berbahaya. Maka dari itu lakukan aktivitas e-mail yang aman agar sistem kita pun menjadi aman.

4. Instal dan selalu update software pelindung malware
Memiliki software pelindung dari malware di Windows XP adalah kewajiban dan selalu mengupdate antivirus dan antispyware adalah keharusan karena perkembangan malware yang begitu cepat sehingga untuk menjamin keamanan komputer anda maka pastikan untuk selalu mengupdate software antivirus dan antispyware kita.

5. Update software lainnya juga selain Microsoft Windows
Yang membutuhkan update tidak hanya sistem Windows XP kita saja tapi begitu juga dengan software-software lainnya seperti Firefox, Adobe Reader. Jangan lupakan untuk selalu mengupdate software-software lain tersebut karena kelemahan pada suatu software karena tidak di-update akan dapat menjadi celah bagi para penjahat cyber.

6. Teliti dan tes dahulu sebelum menerapkan update

Jika kita memiliki satu komputer khusus yang bisa digunakan untuk ‘uji-coba’ maka siapkanlah komputer itu untuk menguji update terbaru dari software yang kita miliki, hal ini penting dilakukan karena update software terbaru dapat juga menyebabkan crash atau masalah keamanan pada komputer kita.

7. Cari alternatif dari program yang sudah ada secara default
Software default bawaan Windows XP seperti Internet Explorer kadang tidak memuaskan dan sering bermasalah. Untuk itu maka cobalah cari alternatif browser lain diluar sana. Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera dapat menjadi browser alternatif yang mungkin bisa menjadi browser utama bagi Windows XP kita. Begitupun dengan aplikasi seperti Yahoo Messenger, kita dapat menemukan aplikasi alternatif pengganti Yahoo Messenger yang mungkin lebih bagus seperti Pidgin yang sudah mendukung plugin enkripsi OTR.

8. Gunakan firewall desktop yang berkualitas
Selain aplikasi antivirus dan antispyware, aplikasi firewall desktop juga sangat penting dalam melindungi sistem Windows kita. Meskipun sudah ada aplikasi firewall desktop bawaan Windows namun kita tidak dapat berharap banyak darinya dan coba pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi firewall desktop dari luar.

9. Teliti dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan Windows XP
Apakah kita menggunakan Windows XP karena merasa Windows XP lebih aman atau lebih nyaman digunakan? Jika kita merasa membutuhkan sistem operasi yang aman untuk komputer kita dan kita anggap Windows XP dapat memenuhinya maka tidak ada masalah tapi kita pun bisa melirik beberapa sistem operasi lainnya seperti Linux, FreeBSD, MacOS X atau juga Windows Vista. Sesuaikan sistem operasi dengan kebutuhan kita.

10. Lindungi sistem kita sama halnya kita melindungi dengan sistem lainnya
Beberapa tips umum untuk melindungi sistem operasi seperti: gunakan password yang kuat, update software, matikan service yang tidak perlu, lakukan enkripsi data, lindungi dengan membackup data, jangan mempercayai jaringan luar, gunakan power supply yang tidak bermasalah dan selalu awasi jaringan dapat juga diterapkan pada Windows XP.

Referensi: techrepublic.com

Leave a comment