INSTALLASI CLARKCONNECT

Beberapa waktu yang lalu saya ingin menceritakan konfigurasi VPN Server dengan ClarkConnect, namun saya akan jelaskan dahulu proses instalasi ClarkConnect. Pada tulisan ini saya menggunakan ClarkConnect 4.3 Community Edition.  Kebutuhan hardware yang saya gunakan berupa PC Pentium IV, 2.50GHz, 512MB RAM, 20GB HDD, dengan 2 Ethernet 10/100. Berikut proses installasi  ClarkConnect:
Halaman awal installasiPada halaman awal ini ada dua pilihan yaitu untuk install dan upgrade dengan mengetik “linux” dan rescue mode dengan mengetik “rescue”. Pada pilhan ini kita ketik linux dan tekan enter karena kita ingin melakukan installasi ClarkConnect.
Pemilihan Bahasa selama proses installasiPada proses pemilihan bahasa ini saya memilih bahasa Inggris.
Pemilihan jenis keyboardPemilihan keyboard ini kita sesuai dengan pemilihan bahasa pengantar.
Pemilihan Metode InstallasiKita pilih Local CDROM, karena dalam proses installasi kita menggunakan CDROM.
Pemilihan Tipe InstallasiKita pilih Install karena kita melakukan proses installasi baru, setelah menekan tombol enter, maka akan muncul peringatan mengenai penghapusan data hardisk. Jika kita sudah merasa yakin, maka kita ketik “linux” untuk melanjutkan proses installasi.

Pemilihan Sistem ModeKita akan memilih mode “Gateway Mode” karena ClarkConnect akan dijadikan Router dan VPN Server.
Pemilihan Tipe KoneksiPada pemilihan koneksi kita pilih media “Ethernet”  karena koneksi yang kita gunakan berupa media kabel UTP Cat 5.
Konfigurasi TCP/IPPada proses ini kita menkonfigurasi IP Address untuk IP WAN dan IP LAN Jaringan yang akan kita buat.
Konfigurasi HostnameKita dapat memberikan nama Router sesuai dengan keinginan kita
Pemilihan Zona WaktuPada pemilihan zona waktu ini kita pilih saja “Asia/Jakarta” sesuai dengan letak geografis kita.
Konfigurasi Password SystemKita harus mebuat password untuk root sistem sesuai keinginan kita (usahakan perpaduan angka dan huruf)
Proses Partisi HarddiskPada proses ini  kita pilih default saja untuk mempermudah proses installasi.
Pemilihan Paket/Modul ClarkConnectPada proses ini kita akan memilih paket-paket yang nantinya akan kita gunakan, dalam hal ini saya memilih semua paket. Jika merasa tidak memerlukan paket-paket tertentu kita bisa mengabaikan paket-paket tersebut. Setelah selesai memilih paket kita akan dikonfirmasi mengenai  kebutuhan paket kita apakah sudah sesuai.Selanjutnya sistem akan melakukan format harddisk dan dilanjutkan installasi paket-paket yang telah kita pilih. Proses installasi ini akan berlangsung 10 -30 menit sesuai dengan paket yang kita install dan spesifikasi hardware yang kita gunakan.Dan pada akhir installasi sistem akan meminta restartDemikian proses installasi ClarkConnect, Untuk konfigurasi ClarkConnect bisa kita lakukan memalui console dan webbase, dimana untuk konfigurasi dengan webbase kita dapat lakukan dengan mengakses alamat IP lokal pada port 81 (https://iplokal:81). Untuk proses konfigurasi VPN Server akan saya ceritakan selanjutnya…

About

Just nge Blog...

Tagged with: ,
Posted in IT, Linux, Networking
2 comments on “INSTALLASI CLARKCONNECT
  1. vayyzy says:

    gan kalau mau konvigurasi mail servernya dimana gan?.kemaren udah coba tpi gk bisa2. ohiya sy buat pake vmware untukclarkconnect dan clientnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: