PPTP VPN SERVER dengan CLARKCONNECT

Pada episode ClarkConnect sebelumnya (kayak serial TV ajah) saya menjelaskan bagaimana proses installasi ClarkConnect  Community 4.3. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan konfigurasi VPN Server dengan PPTP Server pada ClarkConnect 4.3 dengan konfigurasi jaringan sebagai berikut:
Login ke ClarkConnect menggunakan  Webbase
Untuk melakukan konfigurasi ClarkConnect dapat dilakukan melalui Console dan Webbase, pada konfigurasi ini saya akan menggunakan webbase, untuk login ke system ClarkConnect dapa kita akses ip lokal ClarkConnect pada port 81 pada contoh ini kita askes https://192.168.0.1:81 pada browser kita dari komputer Client. Pada halaman login kita input username “root” dan password yang sudah kita konfigurasi pada proses installasi, maka kita akan muncul dashboard dari ClarkConnect seperti gambar dibawah.
Konfigurasi PPTP Server ClarkConnect
Untuk melakukan konfigurasi PPTP Server kita tinggal masuk ke Network dan pilih PPTP VPN, kita akan melakukan konfigurasi  PPTP Configuration. Untuk Local IP dan Remote IP kita sesuaikan dengan segment IP Lan Kantor kita, dalam contoh ini untuk Local IP (range ip koneksi PPTP yang terbentuk) “192.168.0.50-60” dan untuk Remote IP ( range ip client PPTP) “192.168.0.150-192.168.0.160”. Untuk konfigurasi lainnya kita biarkan saja default, untuk menyimpan konfigurasi kita klik tombol “Update”.
Untuk mengaktifkan PPTP Server kita tinggal klik tombol “Start” dan klik tombol “Enable” pada konfirmasi dari firewall ClarkConnect. Agar konfigurasi ini bisa aktif pas booting sistem operasi maka kita perlu klik tombol “To Auto” yang berada di bawah tombol “Start”. Jika sudah muncul tampilan seperti gambar di bawah maka PPTP Server kita sudah siap digunakan.
Konfigurasi User PPTP
Sebelum membuat user untuk PPTP kita akan melakukan konfigurasi pada Organization dengan mengklik Account Manager dan memilih Organization. Pada konfigurasi ini kita isi data sesuai dengan keinginan kita dan klik tombol “Update” untuk menyimpan konfigurasi.
Jika sudah selesai konfigurasi Organization maka kita bisa membuat user untuk PPTP Server pada Menu Account Manager dengan memilih Users dan klik tombol “Continue” untuk membuat user. Pada konfigurasi user kita input data sesuai dengan keinginan kita pada form UserDetails, Password, Telephone Numbers, dan Address yang telah menyesuaikan dengan data Organization. Pada form Services kita cukup mengaktifkan PPTP VPN, untuk menyimpan konfigurasi kita tinggal klik tombol “Add”.
Dengan selesainya membuat user untuk PPTP VPN maka konfigurasi membuat VPN Server sudah selesai, oh ya untuk konfigurasi client yang menggunakan Windows XP sudah dijelaskan pada tulisan mengenai PPTP Server sebelumnya. Dengan tulisan ini semoga bisa menambah informasi mengenai PPTP VPN Server.

About

Just nge Blog...

Tagged with: ,
Posted in Linux, Networking, Security
7 comments on “PPTP VPN SERVER dengan CLARKCONNECT
  1. […] Go to comments Setelah membahas mengenai VPN Server dengan PPTP VPN menggunakan Mikrotik dan ClarkConnect, kali ini saya akan membahas mengenai VPN Server dengan OpenVPN .  Penggunaan OpenVPN  merupakan […]

  2. vayyzy says:

    permisi gan, mau tax kalau menggunakan metode vpn ipsec gimana ya?. Mohon pencerahannya. Trims

  3. rahedy says:

    VPN IPSec dengan Clark Connect bisa di konfigurasi via webbase hanya untuk koneksi Site to Site( Lan to Lan) ajah gan.. untuk yang Site to Remote (Road Warrior) perlu ngoprek lagi.. hehehe… Kalo menggunakan Site to Site kita perlu 2 mesin Clark Connnect dimasing-masing tempat…

  4. vayyzy says:

    gitu ya gan.. makasih ya atas infonya. tutornya keren2 gan. sukses buat blognya

  5. Khoirul says:

    untuk user login bisa sampe brapa maksimalnya? kan kalo pake server bawaan windows user g bisa login di waktu sama apabila ada user lain yg sedang konek

    • rahedy says:

      biasanya tergantung license usernya boss… kalo ga salah untuk comnunity nyampe sampe 10an ato lebih… CC ang aku pake di install di VMware, belum sempat register…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: